Nggak Sampai 200-an, Bisa Membuat Solder Blower Sendiri, Benarkah?

Alasan anda enggan membeli solder blower adalah karena harganya yang mahal. Seperti yang anda ketahui, solder jenis ini dijual dengan harga relatif mahal. Kisaran harga solder ini rata rata antara satu hingga lima juta rupiah.

Namun, harga bukanlah penghalang untuk memiliki solder ini. Nah, berikut ada beberapa tips agar anda bisa membuat solder dengan harga murah namun rasa sejuta. Inilah langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah Dalam Membuat Solder

Alat dan komponen untuk membuat solder blower sendiri dengan budget low rasa high budget, antara lain:

  • Pertama-tama belilah gagang blowernya dahulu. Anda hanya membutuhkan budget tidak sampai enam puluh ribu. Anda bisa memilih gagang blower 878 atau 858 seperti soket cewek.
  • Kedua, membeli kipas DC yang dijual secara terpisah (belum terpasang). Harga kipas biasanya tidak sampai dua puluh ribu. Ini hanya membutuhkan kipas dengan tegangan 5 volt.
  • Lalu, belilah tiga kabel putih dan kuning lalu lepas pada bagian kabel kuningnya. Kabel putih berfungsi sebagai AC. Namun, anda juga memerlukan penurun tegangan sebagai dimmer.

Cara Memasangnya

  • Siapkan gagang bower dan dekatkan gagang dengan kipas DC nya terlebih dahulu.
  • Langkah selanjutnya, anda bisa hubungkan beberapa bagian kabelnya dengan cara ditandai dulu dengan garis agar lebih mudah saat kabel akan dipasang pada setiap alatnya.
  • Pasang ujung kipas dengan depan gagang secara tepat.
  • Kemudian bisa anda coba sendiri di rumah apakah solder buatan sendiri di rumah bisa digunakan untuk melelehkan timah.

Agar tidak sia-sia saat membuatnya, anda perlu meyakinkan berapa tegangan dan kuat arus listrik yang dibutuhkan. Dengan pertimbangan ini terlebih dahulu, anda bisa membeli beberapa alat sesuai dengan besaran ukuran yang anda cari. Ternyata, membuat solder blower di rumah itu mudah kan!

Nah, sekarang anda tidak perlu bingung lagi mencari solder dengan harga yang murah. Dengan modal ratusan ribu saja anda bisa membuat sendiri di rumah ya! Tapi tetap utamakan keamanan dan keselamatan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *